Monday, July 31, 2017

Definisi-Definisi Komunikasi

Berikut adalah beberapa definisi-definisi komunikasi:

  1. Onong Uchjana Effendy

Komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu, mengubah sikap, pendapat, atau perilaku, baik secara lisan (langsung) ataupun tidak langsung (melalui media).

 

  1. Harold Lasswell

Komunikasi adalah pesan yang disampaikan kepada komunikan(penerima) dari komunikator(sumber) melalui saluran-saluran tertentu baik secara langsung/tidak langsung dengan maksud memberikan dampak/effect kepada komunikan sesuai dengan yang diingikan komunikator.Yang memenuhi 5 unsur who, says what, in which channel, to whom, with what effect.

 

  1. Raymond Ross

Komunikasi adalah proses menyortir, memilih, dan pengiriman simbol-simbol sedemikian rupa agar membantu pendengar membangkitkan respons/ makna dari pemikiran yang serupa dengan yang dimaksudkan oleh komunikator.

 

  1. Gerald R. Miller 1966

Komunikasi terjadi saat satu sumber menyampaikan pesan kepada penerima dengan niat sadar untuk memengaruhi perilaku mereka. (Pengantar Ilmu komunikasi, 1998, hal 20, Prof. Dr. Hafied Cangara, M. Sc.)

 

  1. Everett M. Rogers

Komunikasi adalah proses suatu ide dialihkan dari satu sumber kepada satu atau banyak penerima dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka. (Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar , 2005, hal 62, Dedy Mulyana)

 

  1. Carl I. Hovland

Komunikasi adalah suatu proses yang memungkinkan seseorang menyampaikan rangsangan (biasanya dengan menggunakan lambang verbal) untuk mengubah perilaku orang lain. [Dedy Mulyana, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar 2005, hal 62]

 

  1. New Comb

Komunikasi adalah transmisi informasi yang terdiri dari rangsangan diskriminatif dari sumber kepada penerima.

 

  1. Bernard Barelson dan Garry A. Steiner 1964

Komunikasi adalah proses transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya dengan menggunakan simbol-simbol, kata-kata, gambar, grafis, angka, dsb. [Dedy Mulyana, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar 2005, hal 68]

 

  1. Colin Cherry

Komunikasi adalah proses dimana pihak-pihak saling menggunakan informasi dengan untuk mencapai tujuan bersama dan komunikasi merupakan kaitan hubungan yang ditimbulkan oleh penerus rangsangan dan pembangkitan balasannya.

 

  1. Louis Forsdale 1981

Komunikasi adalah suatu proses dimana suatu sistem dibentuk, dipelihara, dan diubah dengan tujuan bahwa sinyal-sinyal yang dikirimkan dan diterima dilakukan sesuai dengan aturan.

 

  1. William J. Seller

Komunikasi adalah proses dimana simbol verbal dan nonverbal dikirimkan, diterima dan diberi arti.

 

  1. Wikipedia

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya.

 

  1. Frank E.X Dance 1967

Komunikasi adalah suatu proses pembentukan, penyampaian, penerimaan dan pengolahan pesan yang terjadi di dalam diri seseorang dan atau di antara dua atau lebih dengan tujuan tertentu.

 

  1. Palo Alto

Ketika dua orang sedang bersama, mereka berkomunikasi secara terus menerus karena mereka tidak dapat berperilaku. PALO ALTO sangat percaya bahwa seseorang tidak dapat tidak berkomunikasi.

 

  1. Himstreet dan Baty

Komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi antar individu melalui suatu sistem yang biasa (lazim), baik dengan simbol-simbol, sinyak-sinyal, maupun perilaku atau tindakan.

 

  1. Bovee

Komunikasi adalah suatu proses pengiriman dan penerimaan pesan.

 

  1. Harold D. Lasswell 1960

Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa? Dengan akibat apa atau hasil apa? (Who? Says what? In which channel? To whom? With what effect?). (Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar , 2005, hal 69, Dedy Mulyana)

 

  1. Theodorson dan Thedorson

Komunikasi adalah penyebaran informasi, ide-ide sebagai sikap atau emosi dari seseorang kepada orang lain terutama melalui simbol-simbol.

 

  1. Edwin Emery

Komunikasi adalah seni menyampaikan informasi, ide dan sikap seseorang kepada orang lain.

 

  1. Delton E. McFarland

Komunikasi adalah suatu proses interaksi yang mempunyai arti antara sesama manusia.

 

  1. William Albig

Komunikasi adalah proses sosial, dalam arti pelemparan pesan/lambang yang mana mau tidak mau akan menumbuhkan pengaruh pada semua proses dan berakibat pada bentuk perilaku manusia dan adat kebiasaan. [Komunikasi, persuasi, & rektorika, 1983, hal 13]

 

  1. Charles H. Cooley

Komunikasi berarti suatu mekanisme hubungan antar manusia dilakukan dengan mengartikan simbol secara lisan dan membacanya melalui ruang dan menyimpan dalam waktu.

 

  1. A. Winnet

Komunikasi merupakan proses pengalihan suatu maksud dari sumber kepada penerima, proses tersebut merupakan suatu seri aktivitas, rangkaian atau tahap-tahap yang memudahkan peralihan maksud tersebut.

 

  1. Karfried Knapp

Komunikasi merupakan interaksi antar pribadi yang menggunakan sistem simbol linguistik, seperti sistem simbol verbal (kata-kata) dan non verbal. Sistem ini dapat disosialisasikan secara langsung / tatap muka atau melalui media lain (tulisan, oral, dan visual).

 

  1. Shanon dan Weaver 1949

Komunikasi adalah bentuk interaksi manusia yang saling mempengaruhi satu sama lain, sengaja atau tidak sengaja dan tidak terbatas pada bentuk pada bentuk komunikasi verbal, tetapi juga dalam hal ekspresi muka, lukisan, seni , dan teknologi. (Pengantar Ilmu komunikasi, 1998, hal 20, Prof. Dr. Hafied Cangara, M. Sc.)

 

  1. Stewart L. Tubbs dan Sylvia Moss

Komunikasi adalah proses pembentukan makna di antara dua orang atau lebih. [Dedy Mulyana, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar 2005, hal 69]

 

  1. Judy C. Pearson dan Paul E. Nelson

Komunikasi adalah proses memahami dan berbagi makna. [Dedy Mulyana, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar 2005, hal 69]

 

  1. William I. Gordon

Komunikasi adalah suatu transaksi dinamis yang melibatkan gagasan dan perasaan. [Dedy Mulyana, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar 2005, hal 69]

 

  1. Donald Byker dan Loren J. Anderson

Komunikasi adalah berbagi informasi antara dua orang atau lebih.

 

  1. Michael Burgoon dan Michael Ruffner

Komunikasi sebagai interaksi tatap muka dari tiga atau lebih individu guna memperoleh maksud atau tujuan yang dikehendaki seperti berbagi informasi, pemeliharaan diri atau pemecahan masalah sehingga semua anggota dapat menumbuhkan karakteristik pribadi anggota lainnya dengan akurat.

 

  1. Gode 1955

Komunikasi adalah suatu proses yang membuat adanya kebersamaan bagi dua atau lebih orang yang semula dimonopoli oleh satu atau beberapa orang. (Arifin 1955; 19-20)

 

  1. Ruesch 1957

Komunikasi adalah suatu proses yang menghubungkan satu bagian dengan bagian lainnya dalam kehidupan.

 

  1. Weaver 1949

Komunikasi adalah seluruh prosedur dimana pikiran seseorang dapat mempengaruhi pikiran orang lainnya.

 

  1. Para Ahli

Komunikasi merupakan hal yang sangat fundamental dalam kehidupan. Peristiwa komunikasi bias terjadi di mana-mana.

 

  1. Lexicographer (Ahli Kamus Bahasa)

Komunikasi adalah upaya yang bertujuan berbagi untuk mencapai kebersamaan.

 

  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami; hubungan; kontak.

 

  1. Webster’s New Collegiate Dictionary Edisi Tahun 1977

Komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi diantara individu melalui sistem lambang-lambang, tanda-tanda atau tingkah laku.

 

  1. Achmad S. Ruky

Komunikasi adalah proses pemindahan dan pertukaran pesan yang dapat berbentuk fakta, gagasan, perasaan, data atau informasi dari seseorang kpd org lain, utk mempengaruhi dan/atau mengubah informasi dan tingkah laku orang yang menerima pesan.

 

  1. Atep Aditya Barata

Komunikasi adalah poses pengiriman dan penerimaan pesan atau berita (informasi) antara 2 orang atau lebih dengan cara yang efektif, sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami.

 

  1. DRS. Agus M. Hardjana, M.Sc

Komunikasi dapat dirumuskan sebagai kegiatan dimana seseorang menyampaikan pesan dari media tertentu kepada orang lain dan sesudah menerima pesan serta memahami sejauh kemampuan, penerimaan pesan menyampaikan tanggapan melalui media tertentu pula kepada orang yang menyampaukan pesan itu kepadanya.

 

  1. Sindu Mulianto

Komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh pengirim kepada penerima pesan melalui cara dan media tertentu.

 

  1. Wuryanano

Komunikasi adalah melibatkan keseluruhan pribadi anda, cara berbicara, sikap anda, tingkah laku anda, dan segala sesuatu yag terpancar dari pribadi anda.

 

  1. Stuart

Komunikasi sebagai kata benda (noun), communnication, berarti:

1.                  Pertukaran simbol, pesan-pesan yang sama dan informasi.

2.                  Proses pertukaran antara individu melalui sistem simbol-simbol yang sama.

3.                  Seni untuk mengekspresikan gagasan.

4.                  Ilmu pengetahuan tentang pengiriman informasi.

 

  1. Wilbur Schram

Komunikasi berasal dari bahasa latin, yaitu kata communio atau common. Bilamana kita mengadakan komunikasi itu berarti membagikan informasi agar si penerima maupun sipengirim sepaham atas suatu pesan tertentu. (Communication comes from latin, communio = common when we communication are the sender tuned together for a particular message). Jadi esensi komunikan adalah menemukan dan memadukan si penerima dan si pengirim.

 

  1. Rogers dan D. Lawrence Kincaid 1981

Komunikasi adalah suatu proses dimana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lainnya, yang pada gilirannya akan tiba pada saling pengertian yang mendalam. (Pengantar Ilmu komunikasi, 1998, hal 20, Prof. Dr. Hafied Cangara, M. Sc.)

 

 

  1. David K. Berlo 1965

Komunikasi sebagai instrumen dari interaksi sosial berguna untuk mengetahui dan memprediksi setiap orang lain, juga untuk mengetahui keberadaan diri sendiri dalam memciptakan keseimbangan dengan masyarakat. (Pengantar Ilmu komunikasi, 1998, hal 3, Prof. Dr. Hafied Cangara, M. Sc.)

 

  1. Steven 1950

Komunikasi Juga dapat terjadi kapan saja suatu organisme memberi reaksi terhadap suatu objek atau stimuli. Apakah itu berasal dari seseorang atau lingkungan sekitarnya. (Pengantar Ilmu komunikasi, 1998, hal 19, Prof. Dr. Hafied Cangara, M. Sc.)

 

  1. Raymond S. Ross

Komunikasi adalah suatu proses menyortir, memilih dan mengirimkan simbol-simbol sedemikian rupa sehingga membantu pendengar membangkitkan makna atau respons dari pikirannya yang serupa dengan yang dimaksudkan komunikator. (Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar , 2005, hal 62, Dedy Mulyana)

 

  1. Prof. Dr. Alo Liliweri

Komunikasi adalah pengalihan suatu pesan dari satu sumber kepada penerima agar dapat dipahami. [Dasar-dasar Komunikasi Kesehatan, 2003, hal 4]

 

  1. John R. Wenburg dan William W Wilmot

Komunikasi adalah suatu usaha untuk memperoleh makna. [Dedy Mulyana, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar 2005, hal 68]

 

  1. M. Djenamar. SH

Komunikasi adalah seni untuk menyampaikan informasi, ide-ide, seseorang kepada orang lain. [Komunikasi dan pidato, 1986, hal 2]

 

  1. Anwar arifin 1988

Komunikasi merupakan suatu konsep yang multi makna. Makna komunikasi dapat dibedakan berdasarkan Komunikasi sebagai proses sosial Komunikasi pada makna ini ada dalam konteks ilmu sosial. Dimana para ahli ilmu sosial melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan komunikasi yang secara umum menfokuskan pada kegiatan manusia dan kaitan pesan dengan perilaku.

 

  1. Murphy dan Mendelson 1973

Komunikasi merupakan suatu tindakan untuk membangun dan mempertahankan hubungan interpersonal.

 

  1. Aristoteles

Komunikasi adalah alat dimana warga masyarakat dapatberpartisipasi dalam demokrasi.

 

  1. Drs. Redi Panuju, Msi 2001

Komunikasi merupakan sistem aliran yang menghubungkan dan kinerja antar bagian dalam organisasi sehingga menghasilkan suatu sinergi.

 

  1. Hoben, Simbol/Verbal/Ujaran

Komunikasi adalah pertukaran pikiran atau gagasan secara verbal.

 

  1. Anderson

Komunikasi merupakan proses yang dinamis dan secara konstan berubah sesuai dengan situasi yang berlaku.

 

  1. Theodore M. Newcomb

Setiap bentuk komunikasi dipandang sebagai suatu transmisi informasi, yang terdiri dari rangsangan yang diskriminatif, dari sumber untuk penerima.

 

  1. B. F. Skinner

Komunikasi adalah perilaku verbal atau simbolik di mana sender berusaha mendapatkan satu efek yang dikehendakinya pada receiver.

 

  1. Hovland, Janis dan Kelley 1953

Komunikasi adalah suatu proses melalui mana seseorang (komunikator) menyampaikan stimulus (biasanya dalam bentuk kata-kata) dengan tujuan mengubah atau membentuk perilaku orang-orang lainnya (khalayak).

 

  1. Ruesch dan Beteson 1961

Komunikasi adalah segala jenis proses bukan hanya merujuk pada transmisi pesan verbal, eksplisit, dan internasional, dimana seseorang mempengaruhi yang lain.

 

  1. Fred G. Meyer

Komunikasi adalah hubungan dengan kata kata, huruf atau pesan.

 

  1. G. G. Brown

Komunikasi adalah perpindahan informasi dari satu orang ke orang lain, apakah itu memunculkan kepercayaan diri atau tidak. Tapi informasi yang dipindahkan harus dipahami penerima.

 

  1. J. L. Aranguren

Komunikasi adalah pengalihan informasi untuk memperoleh tanggapan.

 

  1. Melvin L. DeFleur

Komunikasi adalah koordinasi makna antara seseorang dengan khalayak.

 

  1. Wilbur Schramm

Komunikasi adalah saling berbagi informasi, gagasan atau sikap.

 

  1. The Oxford English Dictionary

Komunikasi adalah pemberian, penyampaian, atau pertukaran ide, pengetahuan, informasi, dsb.

 

  1. M. Miftah, M.Pd

Komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan melalui media yang menimbulkan efek tertentu.

 

  1. Little John 2002

Komunikasi merupakan suatu proses pemindahan (transmisi) informasi.

 

  1. Oliver, Zelko dan Holzman 1962

Komunikasi merupakan gambaran kita tentang stimululasi dalam pikiran orang lain atas kesadaran, pemahaman, dan perasaan kita akan pentingnya peristiwa, fakta, opini, dan situasi.

 

  1. Babcock 1952

Komunikasi adalah bekerjanya simbol simbol (act), dalam lingkungan tertentu (scene), oleh individu atau beberapa individu (agen), dengan menggunakan media (agency), untuk mendefinisikan tujuan.

 

  1. Emery, Ault dan Agee 1963

Komunikasi adalah seni mentransmisi informasi, ide, dan sikap dari satu orang ke orang yang lain.

 

  1. Lewis 1963

Komunikasi adalah sebuah proses dimana seseorang mengurangi ketidakpastian melalu isyarat yang terdeteksi dalam sebuah hubungan.

 

  1. Gerbner 1964

Komunikasi adalah interaksi sosial melalui simbol dan sistem pesan.

 

  1. Hawes 1973

Komunikasi merupakan tindakan berpola dalam dimensi ruang dan waktu dengan rujukan simbolik.

 

  1. West dan Turner 2007

Komunikasi adalah suatu proses dimana individu menggunakan simbol untuk membangun dan menginterpretasikan makna dalam lingkungan mereka.

 

  1. Robbins 2008

Komunikasi merupakan segala sesuatu yang meliputi transfer maupun pemahaman makna.

 

  1. Edward Depari

Komunikasi adalah proses penyampaian gagasan, harapan, dan pesan yang disampaikan melalui lambang tertentu, mengandung arti, dilakukan oleh penyampai pesan ditujukan kepada penerima pesan.

 

  1. James A. F. Stoner

Komunikasi adalah proses dimana seseorang berusaha memberikan pengertian dengan cara pemindahan pesan.

 

  1. John R. Schemerhorn

Komunikasi merupakan proses antara pribadai dalam mengirim dan menerima simbol simbol yang berarti bagi kepentingan mereka.

 

  1. Sir Geral Barry

Berkomunikasi adalah berunding.

 

  1. Brent D. Ruben

Komunikasi adalah suatu proses melalui mana individu dalam hubungannya, dalam kelompok, organisasi dan dalam masyarakat menciptakan, mengirimkan, dan menggunakan informasi untuk mengkoordinasi lingkungannya dan orang lain.

 

  1. Dr. Arni Muhammad

Komunikasi adalah pertukaran pesan verbal maupun nonverbal antara si pengirim dengan si penerima pesan untuk mengubah tingkah laku.

 

  1. Berger dan Chaffe 1987

Komunikasi merupakan suatu pengamatan terhadap produksi, proses, dan pengaruh sistem sistem tanda dan lambang melalui pengembangan teori teori yang dapat diuji dan digeneralisasikan dengan tujuan menjelaskan fenomena yang berkaitan dengan produksi, proses, dan pengaruh sistem sistem tanda dan lambang.

 

  1. Drs, T. May Rusy, SH., MIR., M.Sc.

Komunikasi adalah proses penyampaian informasi informasi, pesan pesan, gagasan gagasan, atau pengertian pengertian, dengan menggunakan lambang lambang yang mengandung arti atau makna, baik secara verbal maupun non verbal dari seseorang atau sekelompok orang kepada seseorang atau sekelompok orang lainnya dengan tujuan untuk mencapai saling pengertian dan/atau kesepakatan bersama.

 

  1. William F. Glueck

Komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi serta pemindahan pengertian antara dua orang atau lebih secara interpersonal atau organisasi.

 

  1. Andre Martinet

Komunikasi merupakan pemanfaatan kode, yang dikemas dalam unit semiologi, sebagai pesan tentang pengalaman tertentu lalu dialihkan (transmisi) kepada pihak lain yang memungkinkan manusia dapat berhubungan satu sama lain.

 

  1. Willar Quine

Komunikasi adalah respons sembarangan dari suatu organisme terhadap rangsangan.

 

  1. Flores De Gortari

Komunikasi merupakan pengerak, sebab terjadinya, sebagai dasar, ataupun sebagai fakta yang menunjukkan keberadaan manusia.

 

  1. De La Torre Zermeno Y Hernandez

Komunikasi merupakan proses mental dimana sumber dan penerima berinteraksi dan bertukar ide, pengetahuan, pengalaman, dan perasaan, yang mereka tularkan melalui kode, pesan, dan saluran yang tepat. (Andre Marinet, dalam Bratschi, 1995)

 

  1. Dr. Everett Kleinjan

Komunikasi adalah bagian kekal dari kehidupan manusia seperti halnya bernafas, sepanjang manusia hidup maka ia perlu berkomunikasi.

 

  1. Parwito dan C. Sardjono

Komunikasi adalah suatu proses dimana suatu pesan dipindahkan (lewat suatu saluran) dari suatu sumber kepada penerima dengan maksud mengubah perilaku, pengetahuan sikap, dll.

 

  1. Joseph A. Devito

Komunikasi merupakan suatu proses dimana komponen komponennya saling terkait dan bahwa para komunikatornya beraksi dan bereaksi sebagai suatu kesatuan dan keseluruhan.

 

  1. Larry A. Samovar, Richard E. Potter dan Nemi C. Janin

Komunikasi merupakan perilaku yang mempengaruhi, proses dua arah yang sedang berlangsung di mana satu orang (sumber) sengaja mengkodekan dan mengirimkan pesan melalui saluran kepada audiens yang dituju (penerima) untuk menginduksi sikap atau perilaku tertentu.

 

  1. Smith

Komunikasi antarmanusia merupakan suatu rangkaian proses yang halus dan sederhana. Selalu dipenuhi dengan berbagai unsur-sinyal, sandi, arti tak peduli bagaimana sederhananya sebuah pesan atau kegiatan itu. Komunikasi antarmanusia juga merupakan rangkaian proses yang beraneka ragam. Ia dapat menggunakan beratus-ratus alat yang berbeda, baik kata maupun isyarat ataupun kartu berlubang baik berupa percakapan pribadi maupun melalui media massa dengan audience di seluruh dunia…ketika manusia berinteraksi saat itulah mereka berkomunikasi…saat orang mengawasi orang lain, mereka melakukan melalui komunikasi. (Blake dan Haroldsen, 2003 : 2-3)

 

  1. American College Dictionary

Komunikasi adalah alat untuk mengirimkan pesan militer, perintah dan sebagainya melalui telepon, telegraf, radio, kurir dan sebagainya.

 

  1. Barnlund 1964

Komunikasi timbul didorong oleh kebutuhan kebutuhan untuk mengurangi rasa ketidakpastian, bertindak secara efektif, mempertahankan atau memperkuat ego.

 

  1. Hick dan Gullett 1996

Komunikasi adalah transfer dan pengertian dari satu orang.

 

  1. Mead 1963

Komunikasi adalah proses sosial yang disebut interaksi, bahkan secara biologis berbentuk tindakan yang dinyatakan atau yang tidak lazim terjadi.

 

  1. Ayer 1955

Komunikasi adalah proses yang menghubungkan gagasan tentang sesuatu satu hal atau personal. Orang menggunakan kata komunikasi yang merujuk pada apa yang ditransfer, atau cara cara melakukan transfer informasi dalam suatu. Dalam banyak kasus, apa yang ditransfer selalu menempuh cara ini, jika saya menyampaikan informasi kepada orang lain maka saya tidak kehilangan informasi karena informasi ini ada di dalam diri saya. Jadi kata komunikasi berkaitan dengan partisipasi antara beberapa pihak.

 

  1. Cartier dan Harwood 1953

Komunikasi adalah proses yang mengarahkan perhatian seseorang dengan tujuan mereplikasi memori.

 

  1. Sondel 1956

Proses komunikasi merupakan suatu transisi dari suatu keseluruhan struktur situasi ke situasi yang lain sesuai pola yang diinginkan.

 

  1. Schacter 1951

Komunikasi adalah suatu mekanisme yang menimbulkan kekuasaan atau kekuatan.

 

  1. Thomas M. Scheidel

Komunikasi merupakan suatu cara untuk menyatakan dan mendukung identitas diri, untuk membangun kontak sosial dengan orang disekitar kita, dan untuk mempengaruhi orang lain untuk merasa, berpikir, atau berprilaku seperti yang kita inginkan.

 

  1. Edward T. Hall

Komunikasi merupakan suatu proses untuk menentukan, memelihara, mengembangkan atau mewariskan budaya.

 

  1. Alfred Korzybyski

Komunikasi merupakan kemampuan manusia untuk mewariskan pengetahuan dari generasi ke generasi dan dari budaya ke budaya.

 

  1. Rene Spitz

Komunikasi adalah jembatan adalah jembatan antara bagian luar dan bagian dalam kepribadian.

 

  1. GudyKunst dan Kim

Komunikasi adalah proses transaksional, simbolik, yang melibatkan pemberian makna antara orang orang (dari budaya yang berbeda).

 

  1. Mary B. Cassata dan Molefi K. Asante

Komunikasi adalah transmisi informasi dengan tujuan mempengaruhi khalayak.

 

  1. Diana K. Ivy dan Phil Backlund

Komunikasi adalah proses yang terus berlangsung dan dinamis menerima dan mengirim pesan dengan tujuan berbagi makna.

 

  1. Karl Erik Rosengren

Komunikasi adalah interaksi subjektif purposif melalui bahasa manusia yang berartikulasi ganda berdasarkan simbol simbol.

 

  1. Cronkhite 1976

Komunikasi merupakan suatu hal yang terjadi ketika manusia merespon simbol tertentu.

 

  1. Infante, Rancer, dan Womack 1997

Komunikasi merupakan sesuatu yang terjadi ketika manusia memanipulasi (mempengaruhi) simbol simbol untuk menstimulasi (dorongan) makna kepada orang lain.

 

  1. Ruben dan Stewart 1998

Komunikasi merupakan proses yang menjadi dasar pertama memahami hakikat manusia , dikatakan sebagai proses karena ada aktivitas yang melibatkan peranan banyak elemen atau tahapan yang meskipun terpisah pisah, namun semua tahapan ini saling terkait sepanjang waktu.

 

  1. McCroskey 1998

Komunikasi merupakan proses yang menggambarkan bagaimana seseorang memberikan stimulasi pada makna pesan verbal dan nonverbal ke dalam pikiran orang lain.

 

  1. Zareksky 1999

Komunikasi adalah interaksi untuk menopang koneksi antarmanusia sehingga dapat menolong mereka memahami satu sama lain bagi pengakuan terhadap kepentingan bersama.

 

  1. Virginia Satir

Komunikasi adalah sebuah faktor terpenting yang mempengaruhi kesehatan seseorang dan hubungannya dengan orang lain.

 

  1. Secara Ontologis

Komunikasi adalah perhubungan atau proses pemindahan dan pengoperan arti, nilai, pesan melalui media atau lambang-lambang apakah itu bahasa lisan, tulisan ataupun isyarat.

 

  1. Secara Aksiologis

Komunikasi adalah proses pemindahan pesan dari komunikator kepada komunikan.

 

  1. Secara Epictomologis

Komunikasi bertujuan merubah tingkah laku, merubah pola pikir, atau sikap orang lain. Untuk dapat membangun kebersamaan: mencapai ide yang sama demi satu tujuan yang sama.

 

  1. Secara Sosiologis

Komunikasi adalah sebuah proses memaknai yang dilakukan oleh seseorang (I) terhadap informasi, sikap, dan perilaku orang (II) lain yang berbentuk pengetahuan, pembicaraan, gerak gerik, atau sikap, perilaku dan perasaan, sehingga seseorang (I) membuat reaksi reaksi terhadap informasi, sikap, dan perilaku perilaku tersebut berdasarkan pada pengalaman yang pernah dia (I) alami.

 

  1. Sebagai Suatu Proses

Komunikasi adalah serangkaian tindakan atau peristiwa yang terjadi secara beurutan (terdapat tahapan) serta berkaitan satu sama lain dalam kurun waktu tertentu.

 

  1. Sebagai Kata Kerja (Verb)

Komunikasi berarti (1) untuk bertukar pikiran pikiran, perasaan perasan dan informasi; (2) untuk membuat tahu; (3) untuk membuat sama; dan (4) untuk mempunyai sebuah hubungan yang simpatik.

 

  1. Sebagai Kata Benda (Noun)

Komunikasi berarti (1) pertukaran simbol, pesan pesan yang sama, dan informasi; (2) proses pertukaran diantara individu individu melalui simbol simbol yang sama; (3) seni untuk mengekspresikan gagasan gagasan, dan (4) ilmu pengetahuan tentang pengiriman informasi.

 

  1. Secara Luas

Komunikasi adalah berbagi pengalaman.

 

  1. Dalam Bentuk Sederhana

Komunikasi adalah bagaimana dua atau lebih orang mengirim dan menerima pesan.

 

  1. Dalam Kehidupan Setiap Hari

Komunikasi adalah sistem yang mengatur pengiriman pesan untuk ditanggapi oleh penerima, karena itu proses transmisi dari sebagian informasi atau pesan yang berasal dari sumber itu harus dirancang menarik, sehingga dapat mencapai tujuan akhir.

 

  1. Sebagai Kata Tunggal

Komunikasi adalah seni dan teknik penggunaan kata kata secara efektif untuk membagi informasi atau gagasan.

 

  1. Sebagai Kata Jamak

Komunikasi merupakan bidang studi yang mempelajari berbagai cara transmisi informasi seperti dengan cetakan atau penyiaran; dan beragam profesi yang berkaitan dengan transmisi informasi seperti periklanan, penyiaran, atau jurnalistik. Perhatikan bahwa segala sesuatu yang dikomunikasikan ini merupakan pesan.

 

  1. Dalam Metafora Biologi

Komunikasi adalah transfer informasi dari satu molekul, sel, organisme kepada molekul, sel, organisme yang lain dalam bentuk atau bersifat kimia, sinyal elektris atau perilaku, dan sebagai anatomi pembukaan atau perhubungan antara dua struktur, atau kebersamaan atau perhubungan yang kuat antara dua struktur seperti sistem saraf.

 

  1. Secara Terminologis

Komunikasi berarti proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain.

 

  1. Secara Paradigmatis

Komunikasi adalah proses pengekspresian suatu paduan pikiran dan perasaan, dan komunikasi akan efektif apabila pikiran itu timbul dari benak yang jernih dan perasaan yang muncul dari lubuk hati yang bersih.

 

  1. Komunikasi adalah sutu proses di dalam upaya membangun saling pengertian.

 

  1. Komunikasi adalah, proses pengiriman dan penerimaan informasi atau pesan antara dua orang atau lebih dengan cara yang efektif, sehingga pesan yang dimaksud dapat dimengerti.

 

  1. Komunikasi adalah sebuah proses sistematis dimana orang berinteraksi dengan dan melalui simbol untuk menciptakan dan menafsirkan makna.

 

  1. Komunikasi adalah: seni penyampaian informasi (peran, message, ide,sikap atau gagasan) dari komunikator untuk merubah serta permohonan yang dikehendaki komunikator.

 

  1. Komunikasi adalah memberikan, menerima atau bertukar ide, informasi, sinyal atau pesan melalui media yang tepat, memungkinkan individu atau kelompok untuk membujuk, untuk mencari infomasi, untuk memberikan informasi atau untuk mengekspresikan emosi.

 

  1. Komunikasi adalah transmisi pesan atau informasi dengan berbicara atau menulis.

 

  1. Komunikasi adalah memberi atau bertukar informasi, sinyal, pesan dengan berbicara atau gerakan ataupula tulisan.

 

  1. Komunikasi adalah hubungan sosial.

 

  1. Komunikasi adalah berlalunya informasi dari satu tempat ke tempat lain.

 

  1. Komunikasi adalah suatu proses yang menghubungkan satu bagian dengan bagian lainnya dalam kehidupan.

 

  1. Komunikasi adalah proses dimana kita memahami dan dipahami orang lain.

 

  1. Komunikasi adalah sesuatu yang timbul didorong oleh kebutuhan-kebutuhan untuk mengurangi rasa ketidakpastian, bertindak secara efektif, mempertahankan atau memperkuat ego.

 

  1. Komunikasi merupakan perolehan reson melalu simbol simbol verbal.

 

  1. Komunikasi adalah proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada yang lain.

 

  1. Komunikasi merupakan suatu proses sosial yang sangat mendasar dan vital dalam kehidupan manusia.

 

  1. Komunikasi adalah peristiwa penyampaian ide manusia.

 

  1. Komunikasi merupakan suatu proses penyampaian pesan yang dapat berupa pesan informasi, ide, emosi, keterampilan dan sebagainya melalui simbol atau lambang yang dapat menimbulkan efek berupa tingkah laku yang dilakukan dengan media media tertentu.

 

  1. Komunikasi adalah sebuah proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan.

 

  1. Komunikasi adalah bentuk apa saja dari interaksi kata kata, senyuman, anggukan kepala, gerakan tangan, sikap badan, gerakan mata yang berakibat diterimanya arti, sikap, atau perasaan yang sama.

 

  1. Komunikasi adalah proses penyampaian suatu pernyataan yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain sebagai konsekuensi dari hubungan sosial.

 

  1. Komunikasi adalah suatu proses yang didalamnya terdapat pengirim pesan, penerima pesan, dan pesan.

 

  1. Komunikasi merupakan hubungan atau kegiatan yang berkaitan dengan masalah hubungan, atau diartikan pula sebagai saling tukar menukar pendapat.

 

  1. Komunikasi merupakan hubungan kontak antar dan antara manusia baik individu maupun kelompok.

 

  1. Komunikasi adalah suatu usaha untuk mengadakan persamaan dengan orang lain.

 

  1. Komunikasi adalah penyampaian informasi dan pengertian dari seseorang kepada orang lain.

 

  1. Komunikasi adalah pernyataan manusia, sedangkan pernyataan tersebut dapat dilakukan dengan kata kata tertulis ataupun lisan, di samping itu dapat dilakukan juga dengan isyarat isyarat atau simbol simbol.

 

  1. Komunikasi adalah hubungan kontak antar dan antara manusia baik individu maupun kelompok.

 

  1. Komunikasi adalah perhubungan.

 

  1. Komunikasi artinya membuat kebersamaan atau membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih.

 

  1. Komunikasi adalah suatu transaksi, proses simbolik yang menghendaki orang orang mengatur lingkungannya dengan (1) membangun hubungan antarsesama manusia (2) melalui pertukaran informasi (3) untuk menguatkan sikap dan tingkah laku orang lain (4) serta berusaha mengubah sikap dan tingkah laku itu. (Book, 1980)

 

  1. Komunikasi merupakan proses penyampaian pesan dari seorang (kelompok/lembaga) kepada seorang (kelompok/lembaga) lainnya, baik secara langsung maupun melalui media (media massa dan bukan media massa).

 

  1. Komunikasi merupakan kegiatan yang ditandai dengan tindakan, perubahan, pertukaran, dan perpindahan yang dalam setiap unsurnya terdapat kontinuitas yang terus berlangsung. (Mulyana, 2005; 69)

 

  1. Komunikasi adalah sebuah proses transaksional yang bersifat personal, artinya makna atau pemahaman yang kita peroleh pada dasarnya bersifat pribadi.

 

  1. Komunikasi merupakan proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh seseorang kepada orang lain.

 

  1. Komunikasi merupakan segala persoalan persoalan yang ada kaitannya dengan substansi interaksi sosial orang orang dalam masyarakat; termasuk konten interaksi yang dilakukan secara langsung maupun dengan menggunakan media.

 

  1. Komunikasi adalah proses penyampaian dan penerimaan lambang lambang yang mengandung makna di antara individu individu. (William Albig, seperti dikutip dalam Djoernasih, 1991: 16)

 

  1. Komunikasi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh orang (makhluk hidup) untuk menyatakan suatu gagasan atau ide kepaa orang (makhluk hidup) lain dengan menggunakan lambang lambang berupa bahasa, gambar gambar atau tanda tanda yang bermakna serta dapat saling dimengerti

 

  1. Komunikasi adalah transmisi pesan, setelah mengalami konduksi , melalui pengirim, kepada penerima.

 

  1. Komunikasi merupakan proses dimana pemancar mengirimkan pesan melalui saluran kepada penerima.

 

  1. Komunikasi adalah sebuah proses yang sedang berlangsung dan selalu bergerak, bergerak semakin maju dan berubah secara terus menerus.

 

  1. Komunikasi merupakan suatu kebutuhan naruliah yang ada pada semua makhluk hidup, bahkan hewan juga melakukan proses komunikasi diantara selamanya.

 

  1. Komunikasi merupakan suatu transaksi pesan, informasi ataupun pengertian.

 

  1. Komunikasi adalah proses yang menghubungkan satu bagian dengan bagian lainnya dalam kehidupan.

 

  1. Komunikasi adalah situasi situasi yang memungkinkan suatu sumber mentransmisikan suatu pesan kepada seorang penerima dengan disadari untuk mempengaruhi perilaku penerima.

 

  1. Komunikasi adalah proses pertukaran informasi untuk mendapatkan saling pengertian.

 

  1. Komunikasi adalah proses transmisi informasi.

 

  1. Komunikasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara sadar, disengaja, serta sesuai dengan tujuan atau keinginan dari pelakunya.

 

  1. Komunikasi merupakan mekanisme untuk mensosialisasikan norma norma budaya masyarakat, baik secara horisontal, dari suatu masyarakat kepada masyarakat lainnya, ataupun secara vertikal, dari suatu generasi kepada generasi berikutnya.

 

  1. Komunikasi adalah penyampaian pesan melalui media elektronik.

 

  1. Komunikasi adalah suatu pikiran, suatu makna, atau suatu pesan yang dianut secara sama.

 

  1. Komunikasi adalah interaksi antara dua makhluk hidup atau lebih.

 

  1. Komunikasi merupakan proses yang menghubungkan satu sama lain bagian bagian terpisah dunia kehidupan.

 

  1. Komunikasi adalah situasi situasi yang memungkinkan suatu sumber mentrasmisikan suatu pesan kepada seorang penerima dengan disadari untuk mempengaruhi perilaku penerima.

 

  1. Komunikasi adalah semua kegiatan yang secara sengaja dilakukan seseorang untuk menyampaikan rangsangan untuk membangkitkan respon orang lain.

 

  1. Komunikasi merupakan tindakan yang disengaja untuk menyampaikan pesan demi memenuhi kebutuhan komunikator, seperti menjelaskan sesuatu kepada lain atau membujuknya untuk melakukan sesuatu.

 

  1. Komunikasi adalah respon “diskriminatif” dari organisme terhadap stimulus.

 

  1. Komunikasi adalah pemilihan dan pemilahan respons terhadap stimulus melalui simbol simbol verbal.

 

  1. Komunikasi merupakan sesuatu yang sangat esensial (perlu sekali) bagi individu, relasi, kelompok, organisasi dan masyarakat, dia merupakan garis yang menghubungkan manusia dengan dunia, bagaimana manusia membuat kesan tentang dan kepada dunia, komunikasi sebagai sarana manusia untuk mengekspreasikan diri dan memengaruhi orang lain.

 

  1. Komunikasi merupakan respons terhadap pesan yang diterima lalu menciptakan pesan baru, karena setiap orang berinteraksi dengan orang lain melalui proses penciptaan dan interpretasi pesan yang dikemas dalam bentuk simbol atau kumpulan simbol bermakna yang sangat berguna.

 

  1. Komunikasi merupakan proses pertukaran informasi yang dikemas dalam sistem simbol bersama.

 

  1. Komunikasi merupakan pertukaran ide ide, transmisi informasi yang dihasilkan oleh pengiriman stimulus dari suatu sumber yang direspons penerima.

 

  1. Komunikasi merupakan penyediaan/pelayanan pesan sedemikian rupa sehingga seseorang merespons dan menginterperasi pesan ini.

 

  1. Komunikasi merupakan suatu kondisi dimana informasi pertama tama berpindah dari “masukan” ke dalam “proses” lalu pada tahap berikutnya menghasilkan “keluaran” yang pada akhirnya berbalik lagi pada proses yang pertama.

 

  1. Komunikasi adalah pengiriman ide atau pikiran, dia bukan merupakan tindakan statis melainkan suatu proses yang dinamis dari suatu interaksi untuk mencapai tujuan yang dikehendaki.

 

  1. Komunikasi merupakan gambaran abstrak dari suatu situasi sosial yang hanya dapat dipandang dalam relasi melalui relasi sosial yang diciptakan manusia. Dalam komunikasi, sejumlah orang yang mempertukarkan sinyal dan tanda tanda, kemudian menunjukkan pesan yang berisi dan mengandung subjek atau substansi tertentu untuk dinyatakan melalui tulisan/bahasa tulisan; karena itu maka bahasa juga merupakan komunikasi yang disuntik ke dalam pesan.

 

  1. Komunikasi adalah tindakan manusia atau aktivitas manusia untuk menyampaikan sesuatu; komunikasi juga merupakan diskusi, perlakuan, diskursus, pementasan drama, dramatisasi, seni drama, teater, mail, layanan surat melalui pos, kantor pos, saluran, garis penghubung koneksi antara komunikasi dan kegiatan transmisi pesan.

 

  1. Komunikasi adalah abstraksi dari relasi yang ditunjukkan melalui koneksi demi keterikatan antara sejumlah orang.

 

  1. Komunikasi merupakan proses pembagian dan pertukaran ide, informasi, pengetahuan, sikap atau perasaan di antara dua atau lebih orang yang mempunyai dan menggunakan tanda ada simbol simbol yang sama.

 

  1. Komunikasi adalah proses yang melibatkan seseorang untuk memakai tanda tanda alamiah yang universal atau simbol simbol dari hasil konvensi manusia; simbol simbol itu dalam bentuk verbal dan/atau nonverbal yang secara sadar atau tidak sadar digunakan demi tujuan menerangkan makna tertentu terhadap orang lain, juga dapat mempengaruhi orang lain untuk berubah.

 

  1. Komunikasi adalah proses pertukaran informasi dalam sistem lambang lambang yang bersifat umum di antara satuan satuan pengirim dan penerima yang dalam tata protokol terjadi dalam proses pengiriman pesan satu arah yang dapat menghasilkan efek balikan demi menghubungkan satu entitas dengan entitas lain dari suatu sesi percakapan.

 

  1. Komunikasi merupakan pembagian pengetahuan dengan sejumlah maksud tertentu, yang meliputi metode visual dalam tanda tanda bahasa, auditory seperti suara dan musik, serta secara fisik, misalnya melalui sentuhan.

 

  1. Komunikasi adalah saling memberi dan bertukar informasi atau ide yang tidak hanya jelas disampaikan tapi juga dipahami oleh semua pihak yang terlibat.

 

  1. Komunikasi adalah suatu sistem seperti e-mail, telepon, televisi, untuk mengirimkan dan menerima pesan.

 

  1. Komunikasi adalah suatu jaringan pengiriman pesan dan transportasi untuk men-suplay pesan.

 

  1. Komunikasi merupakan teknologi yang digunakan untuk mengalihkan pesan.

 

  1. Komunikasi adalah produksi atau pertukaran informasi dan makna (meaning) tertentu dengan menggunakan tanda atau simbol. Komunikasi meliputi proses encoding pesan yang akan dikirimkan, dan proses decoding terhadap pesan yang diterima, dan melakukan sintesis terhadap informasi dan makna.

 

  1. Komunikasi adalah pertukaran informasi, ide, sikap, emosi, pendapat, atau instruksi antara individu atau kelompok yang bertujuan untuk menciptakan sesuatu, memahami dan mengkoordinasikan suatu aktivitas.

 

  1. Komunikasi adalah proses penyampaian suatu pesan sebagai paduan pikiran dan perasaan oleh seseorang untuk mengubah sikap, opini atau perilaku orang lain dengan upaya memperoleh tanggapan.


Untuk download file word (.doc) di atas, silahkan klik link dibawah ini :

No comments:

Post a Comment