Tuesday, August 1, 2017

Identitas Nasional dan Unsur-Unsurnya

·         Contoh Keunggulan Pelaksanaan Unsur Unsur Identitas Nasional:

1.      Identitas Fundamental

Dengan adanya unsur identitas fundamental rakyat Indonesia menjadi punya tujuan. Seluruh rakyat mengacu pada satu pemikiran yang sama sehingga tidak akan terpecah belah. Dan juga dengan ini para generasi muda tidak akan terjerumus kepada pemikiran pemikiran yang melanggar falsafah negara.

2.      Identitas Instrumental

Dengan adanya atribut atribut negara ini dapat meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotik rakyat indonesia. Identitas Instumental ini juga bisa dijadikan alat untuk menunjukkan rasa nasionalisme rakyat. Seperti saat hari hari penting di Indonesia misalnya saat 17 Agustus, rakyat Indonesia biasanya akan memasang bendera merah putih dan juga menyanyikan lagu “Indonesia Raya” demi menunjukkan rasa nasionalismenya.

3.      Identitas Alamiah

Dengan adanya Identitas Alamiah rakyat Indonesia menjadi lebih nyaman tinggal di Indonesia. Karena Indonesia sendiri telah menjadi Identitas diri sebahagian besar rakyat Indonesia. Maksudnya sebagian besar rakyat Indonesia sedari lahir sudah memiliki karakteristik orang Indo asli yang memiliki kebudayaan dan agama tertentu sehingga mereka tidak akan merasa terasingkan bila tinggal di Indonesia

·         Contoh Kekurangberhasilan Pelaksanaan Unsur Unsur Identitas Nasional:

1.      Identitas Fundamental

Masih banyak rakyat Indonesia yang bergabung dengan sekte sekte sesat misalnya partai komunis. Sekte sekte seperti itu melenceng dari falsafah dan tujuan negara sehingga bisa dianggap sebagai sebuah ketidakberhasilan.

2.      Identitas Instrumental

Masih ada rakyat Indonesia yang tidak mengibarkan bendera merah putih ataupun menyanyikan lagu “Indonesia Raya” saat hari hari penting di Indonesia. Ada yang mulai menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa sehari hari dan menjauhi Bahasa Indonesia. Bahkan ada yang malu mengakui dirinya sebagai bangsa Indonesia.

3.      Identitas Alamiah

Masih ada juga rakyat Indonesia yang menolak untuk tinggal di Indonesia yang nyaman ini dan lebih memilih tinggal di luar Negri. Ada juga yang lebih bangga dengan kebudayaan negara lain daripada kebudayaan negara Indonesia.

·         Contoh Alasan Kekurangberhasilan Pelaksanaan Unsur Unsur Identitas Nasional:

1.      Identitas Fundamental

Karena kurangnya pengajaran ataupun penerapan falsafah dan tujuan negara pada kehidupan sehari hari dan bermasyarakat. Sehingga rakyat Indonesia terutama para generasi muda terjerumus kedalam sekte sekte sesat.

2.      Identitas Instrumental

Karena pandangan masyarakat yang menganggap orang yang memiliki rasa nasionalisme terlalu tinggi itu adalah orang yang kuno. Sehingga masyarakat enggan untuk menunjukkan semangat nasionalismenya.

3.      Identitas Alamiah

Karena pengaruh globalisasi yang terlalu membesar besarkan budaya di luar Indonesia, pengaruh ini membuat masyarakat berpikiran sempit. Masyarakat berpikir bahwa apapun yang ada diluar Indonesia itu keren. Sehingga banyak rakyat Indonesia yang lebih tertarik kebada budaya luar negri dan melupakan budaya Indonesia itu sendiri.

·         Cara Mereaktualisasi Identitas Nasional:

Dengan cara meminimkan hal hal yang berbau luar negri dan mulai mempropagandakan simbol simbol nasionalisme sehingga masyarakat terpacu untuk mereaktualisasi identitas nasional.

·         Cara Merevitalisasi Identitas Nasional:

Revitalisasi identitas nasional harus dilakukan dengan berbagai pergerakan dari berbagai pihak. Karena faktor revitalisasi identitas nasional ada 2 yaitu faktor partisipasi publik dan faktor kepemimpinan. Hal ini bisa dilakukan dengan penerapan kembali moral dan nilai nilai pancasila, mengubah pandangan hidup masyarakat dan juga mengubah cara hidup masyarakat indonesia yang sudah terlalu terpengaruhi globalisasi sehingga tidak terlihat lagi identitasnya sebagai rakyat indonesia.



Untuk download file word (.doc) di atas, silahkan klik link dibawah ini :

No comments:

Post a Comment